MENU

Penyerahan Kuota Internet Gratis & Peminjaman Tablet oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

SMAN 9 BANDUNG MEMBERIKAN BANTUAN KUOTA GRATIS DAN PINJAMAN TABLET BAGI SISWA TIDAK MAMPU UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Bandung, 31 Agustus 2020

Tahun ajaran baru 2020/2021 telah berlangsung kurang lebih selama 2 bulan, dalam pelaksanaan pembelajaran  masih dilakukan secara jarak jauh baik baik daring maupun luring yang sudah diterapkan di SMAN 9 Bandung. Berbagai survei mengenai pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi covid-19 menyebutkan bahwa sebagian orang tua mengeluhkan anaknya tidak dapat mengikuti  PJJ karena tidak mampu membeli kuota internet. Selain itu, sebagian orangtua siswa juga mengeluhkan anaknya belum memiliki alat (gadget) yang menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

SMAN 9 Bandung memiliki komitmen untuk terus berupaya mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan memperhatikan serta mencari solusi atas keluhan-keluhan yang disampaikan siswa dan orangtua siswa. Kami memberikan bantuan kuota internet secara gratis senilai Rp. 150.000,- per siswa yang diperuntukkan sebanyak 150 siswa dari keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) yang sumber anggarannya dari BOPD Provinsi Jawa Barat. Kuota internet ini akan dibayarkan selama 6 bulan, adanya juga bantuan oleh kemendikbud  4 bulan kedepan juga akan diberikan kuota internet bagi siswa dan guru.

Untuk membantu siswa dari keluarga tidak mampu dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) SMAN 9 Bandung juga meminjamkan gadget berupa tablet. Banyak siswa dari keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) yang bermasalah di PJJ, karena keterbatasanperangkat yang dimilikinya. Oleh karena itu agar tidak bermasalah dalam PJJ siswa dari KETM diberi pinjaman tablet sementara. Tablet tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan Jawa Barat yang bersumber dari BOS kinerja sebanyak 376 Tablet pada akhir tahun 2019. Bantuan tablet ini digunakan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan PAS/PAT/Ujian Sekolah bagi Siswa SMAN 9 Bandung.

Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 yang terpenting yaitu harus menjamin kesehatan, keselamatan, dan ketersediaan fasilitas penunjang PJJ untuk para siswa SMAN 9 Bandung. Kami terus bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh dan memberikan solusi pelayanan pendidikan di masa pandemi ini dapat diikuti secara merata diikuti oleh seluruh siswa. Selain itu, SMAN 9 Bandung juga berinovasi menghadirkan materi pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dengan begitu siswa juga diharapkan bisa menerima dan memahami dengan baik materi tersebut. (Drs. H. Suparman, M. M. Pd, Kepala SMAN 9 Bandung).

KOMENTAR