MENU

Disdik Jabar Larang Sekolah Gelar Perploncoan Siswa Baru

Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat melarang sekolah mengelar aktivitas perploncoan selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA dan SMK tahun ajaran 2017 yang berlangsung mulai Senin 17 Juli. Sekolah harus menjadi rumah kedua untuk para peserta didik baru.

Larangan perploncoan itu juga tertuang dalam surat edaran Disdik Jabar yang ditujukan kepada seluruh kepala sekolah SMA/SMK pada Jumat 14 Juli 2017. Para kepala sekolah harus menyelenggarakan kegiatan MPLS sesuai panduan. "Dimohon untuk membuat baligo/spanduk bertemakan "Sekolah Rumah Kedua, Sekolah Ramah Anak dan Tolak Kekerasan," begitu petikan dalam surat edaran.

Kepala Disdik Jabar Ahmad Hadadi menuturkan kegiatan MPLS sebaiknya di isi dengan kegiatan-kegiatan positif yang bisa memotivasi para peserta didik baru. Misalnya memperkenalkan ekskul unggulan hingga prestasi sekolah.


"Lebih baik memperkenalkan kegiatan unggulan, ekskul. Senior-senior yang berhasil diperlihatkan. Jadi sekolah punya prestasi di bidang sains, seni, olahraga, itulah yang harus diberikan motivasi ke peserta anak didik baru," ucap Ahmad via telepon, Sabtu (15/7/2017).

Ia menyebut, MPLS tetap melibatkan para siswa tingkat atas sebagai pelaksana kegiatan di lapangan. Namun, sambung dia, selama kegiatan berlangsung semua kegiatan di bawah pengawasan dan tanggung jawab para guru.

Dia meminta para siswa tingkat atas tidak menginstruksikan para siswa baru menggunakan atribut apapun selama MPLS. Sebab, Ahmad menegaskan, kegiatan perploncoan bisa membuat para peserta didik menjadi tertekan.

"Jangan sampai sekolah ini melakukan praktik yang tidak terhormat, seolah-olah pelecehan dibuat seperti badut. Itu tidak perlu lah, seolah-olah siswa baru itu dibuat down. Kami menjadikan sekolah ramah anak. Guru agar memantau jangan sampai ada bentuk kekerasan lisan dan fisik," tuturnya.

"Lebih baik memberikan keteladanan jangan sampai liar sesuka seniornya," ujar Ahmad. 
(bbn/bbn)

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3561507/disdik-jabar-larang-sekolah-gelar-perploncoan-siswa-baru

 

 

 

Mpls Jabar Ppdb Jabar Sman9bdg Bandung Smanegeri9bandung Sembilan

KOMENTAR