MENU

Sembilan Jadi Tuan Rumah Pasanggiri Basa Sunda Tingkat SMA se-Kota Bandung Tahun 2019

"Hayu urang ngamumule basa Sunda". Itulah kalimat pertama yang harus kita lakukan sebagai generasi muda yang tinggal dan hidup sebagai urang Sunda. SMA Negeri 9 Bandung mendukung penuh setiap kegiatan positif bertemakan etnik seperti pada kegiatan Pasanggiri Basa Sunda yang diselenggarakan oleh MGMP Basa Sunda Kota Bandung ini. Kegiatan berlangsung hari Sabtu, 3 Agustus 2019 kemarin, diisi dengan perlombaan meliputi Bahasa, Sastra, Aksara dan Kesenian Sunda yang terbalut dalam 6 mata lomba yakni Biantara, Sajak, Kawih, Pupuh, Aksara Sunda dan Dongeng.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina MGMP Basa Sunda, Kepala SMA Negeri 9 Bandung, Pengawas Sekolah, dan para Juri ini berlangsung meriah. Diikuti oleh 36 sekolah negeri dan swasta berebut menjadi yang utama untuk mewakili dalam perlombaan tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang.

Hasil dari kegiatan ini adalah agar para siswa mendapat pengalaman dan dapat mencintai bahasa dan budayanya sendiri. Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa sponsor seperti Ganesha Operation, Penerbit Erlangga, Penerbita Kiblat Buku Utama, dan tentunya dukungan dari KCD Wilayah VII dan MKKS Kota Bandung.

SMA Negeri 23 Bandung berhasil menjadi Juara Umum dalam pasanggiri ini, dan pada peringkat ke- dua diisi oleh SMA Negeri 3 Bandung. Prestasi yang didapatkan oleh SMA Negeri 9 Bandung adalah mendapat juara harapan 2 Kawih Putri yang dimenangkan oleh Fani Rahma Insani kelas XI IPS 2 dan Azzahra Putri Kelas XI IPA 4 yang mendapat Juara 2 Pupuh Putri. Well, jadi juara bukanlah yang pertama, tetap melestarikan bahasa dan budaya Sunda adalah yang utama. Hurip Sunda! (MRA)

KOMENTAR